KERIPIK JAMUR TIRAM

Kemasan Keripik Jamur Tiram Putih, 250 g

Kemasan Keripik Jamur Tiram Putih, 250 g

Jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus dengan alasan: 100 persen sayuran dan bersih; mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral; rendah karbohidrat, lemak dan kalori; bagus untuk liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan; berserat tinggi membantu pencernaan; antiviral dan antikanker; mudah memasaknya dan mudah dicerna; dan jamur tiram merupakan jamur yang paling enak rasanya dibanding jamur pangan lainnya.


Saat ini beberapa jenis jamur bisa digunakan sebagai obat untuk melawan kolesterol, kanker, dan AIDS. Senyawa aktif jamur yang terkandung dikabarkan dapat sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membunuh serangga dan nematoda. Pada tahun 1960, para peneliti berhasil menemukan pengaruh beberapa jamur sebagai antitumor. Komponen aktif yang dimaksud adalah polysaccharida, dan khususnya adalah Beta – D – Glucans. Sebagai standardisasi produk dari jamur tiram (Plurotus ostreatus dan P. eryngii) disebut Plovastin yang dipasaran sebagai suplemen penurun kolesterol. Komponen aktif dari Plovastin adalah statin, secara baik menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia (Itzkovich, 2001).


Hasil dari penelitian Bobek (1999) dari Research Institute of Nutrition Bratislava tentang “Natural products with hypolipemic and anti oxidant effect”. Telah dilakukan studi pada sebuah grup dengan 57 laki-laki: perempuan = 1:1, usia setengah umur, dengan kasus hyperlipoproteinemia. Selama satu bulan mereka mengonsumsi 10 gram jamur tiram secara teratur. Kesimpulan, secara statistik sangat menjanjikan, yakni kolesterol dan serum turun 12,6 persen dan triglycerol turun 27,2 persen. Jamur tiram juga mempunyai efek antioksidan dengan turunnya hasil peroksidasi di dalam eritrosit.

Ada beberapa jenis jamur yang bisa diolah menjadi aneka makanan lezat. Bahkan, jamur juga bisa menjadi bagian dalam pembuatan obat tradisional. Salah satunya adalah jamur tiram yang akhir-akhir ini banyak dilirik. Jamur yang berwarna putih ini juga dikenal dengan sebutan Shimeji (Jepang), Abalon Mushroom atau Ayster Mushrom (Eropa atau Amerika) dan Supa Liat (Jawa Barat). Jamur ini kandungan gizinya cukup tinggi sehingga cocok bagi yang sedang diet. Jamur tiram bisa diolah menjadi berbagai makanan, baik disayur maupun dibuat kripik. Jamur ini memiliki beberapa warna antara lain, putih, coklat, abu-abu dan kuning serta kemerah-merahan.

Komposisi kimia nutrisi jamur tiram

Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, jamur tiram (Oyster mushroom) mempunyai kandungan: protein 5,94 persen, karbohidrat 50,59 persen, serat 1,56 persen, lemak 0,17 persen, abu 1,14 persen. Per 100 gram jamur tiram segar, mengandung 45,65 kalori, 8,9 miligram (mg) kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.

Komposisi asam amino (mg/g berat kering) pada badan buah :

a. asam aspartat                17,9

b. treonin                              8,5

c. serin                                 9,7

d. asam glutamat            21,7

e. prolin                               6,0

f. glisin                                 9,0

g. alanin                             12,8

h. sistein                             2,8

i. valin                                 10,7

j. metionin                            4,6

k. isoleusin                         6,6

l. leusin                               12,2

m. tirosin                                   6,0

n. fenilalanin                           7,2

o. histidin                                15,0

p. lisin                                     9,7

q. arginin                                 12,i

Komposisi asam lemak pada badan buah (mg/g berat kering) :

a. asm palmitat        2,2

b. asam stearat        0,5

c. asam oleat            2,9

d. asam linoleat       10,3

Selain dapat disayur, jamur tiram juga dapat diolah menjadi makanan lain, misalnya kerupuk dan keripik. Bahkan, di Eropa dan Amerika jamur tiram sering dikonsumsi langsung dijadikan semacam sayuran pada pembuatan salad. Kandungan gizi di dalam jamur tiram yang cukup banyak membuat banyak orang menyukai untuk mengonsumsinya. (Anik P)-g.

Saat ini kami sudah meproduksi keripik jamur tiram, dijual dalam kemasan 200 g, 300 g, 400 g, dan seterusnya. Berat dalam satu kemasan bisa disesuaikan dengan pesanan konsumen. Harga 1 (satu) kg keripik jamur tiram Rp 90.000,- (eceran).

Bagi yang berminat memesan produk kami, silahkan hubungi :

Alan, 022 2785699, Hp. 08122128596. Melayani pesanan dalam jumlah minimal 0,5 kg, biaya pengiriman untuk luar kota (via TIKI) ditanggung pemesan.

Kemasan Keripik Jamur Tiram Putih, 250 g

Kemasan Keripik Jamur Tiram Putih, 250 g

4 Comments

    • Pro :
      Mas Priyo
      di Tempat

      Kalau baru bikin memang tidak bisa langsung jadi bagus, biasanya bertahap, kalau sudah berulangkali dicoba sambil dicari kemungkinan dimana letak kesalahannya lama-lama akan diperoleh hasil yang lebih baik. Kalau tahapan prosesnya udah dilalui dengan benar kemungkinan berhasil akan lebih besar. Tapi soal hasilnya krenyes memang agak sulit juga yah, coba pake tepung beras “rosebrand” (ini bukan iklan), merk lain hasilnya tidak bagus. Jangan lupa setelah ditambah telur ayam diaduk dulu kemudian ditiriskan di wadah yang ada bolong2nya agar cairannya turun dan berkurang (tidak terlalu basah), kemudian mengaduk bahan/jamur dengan tepungnya jangan sekaligus tetapi ditaburkan sedikit-sedikit sambil diaduk hingga merata. Kualitas bahan/jamur yang dipakai juga bisa mempengaruhi hasil keripik. Gunakan saja produk jamur sendiri !!!! beli dari petani biasanya kadar airnya tinggi karena sering disiram. Ngomong2 cara yang dipake mas Priyo gimana sih ? Emangnya mas Priyo tinggalnya di mana ? Semoga berhasil
      Alamat email saya : arjuna25@rocketmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s