KONSUMSI JAMUR TIRAM BERKHASIAT CEGAH BERBAGAI PENYAKIT

Search on this website:

Search on this website:

Jamur Tiram Putih

Jamur Tiram Putih

Jamur Tiram putih (Pleuratus florida) merupakan salah satu jenis jamur yang saat ini menjadi alternatif pilihan sebagai makanan sehat yang layak dikonsumsi. Disamping rasanya yang lezat bahkan mirip dengan daging ayam juga memiliki kandungan gizi yang cukup bermanfaat, sehingga bisa menjadi pilihan bagi masyarakat baik sebagai bahan makanan maupun untuk tujuan pengobatan penyakit. Hal tersebut menjadikan permintaan pasar terhadap jamur tiram semakin meningkat, bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga permintaan dari luar negeri.

Saat ini petani yang membudidayakan jamur tiram masih terpusat di wilayah wilayah tertentu dan jumlahnya masih terbatas, sehingga untuk memasok kebutuhan pasar harus mendatangkan dari luar daerah. Hal ini tentunya mengakibatkan tingginya harga jual ditingkat konsumen karena harus ditambah biaya transportasi.

Disis lain di tengah krisis ekonomi dan meningkatnya jumlah PHK, usaha budidaya jamur tiram merupakan salah satu alternatif yang bisa menjadi pilihan sebagai kegiatan bisnis yang bisa menghasilkan uang. Untuk memulai usaha budidaya jamur tentu akan mengalami kesulitan apabila tidak dimulai dengan menumbuhkan minat dan belajar dari berbagai sumber serta konsultasi dengan para praktisi atau seseorang yang ahli dibidang perjamuran.

Jamur tiram sangat cocok dibudidayakan pada daerah-daerah yang suhunya relative rendah (dingin), tetapi dengan sedikit rekayasa pada daerah yang memiliki suhu tinggi pun masih dapat berproduksi. Hal ini tentu akan berdampak terhadap input biaya produksi, tetapi keuntungan akan menjadi sama apabila harga jualnya bisa lebih tinggi dan tidak perlu mendatangkan produk jamur dari daerah lain.

Kebutuhan pasar jamur tiram semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat akan kebutuhan gizi dan sumber makanan yang menyehatkan. Jamur tiram merupakan salah satu jenis sayuran yang jika dikonsumsi akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, karena mengandung 9 asam amino yang tidak bisa disintesis dalam tubuh dan Polysacharida yang tinggi, sehingga cocok untuk bahan pembuatan cream, bedak atau salep untuk perawatan wajah. Bahkan berdasarkan hasil percobaan terhadap pasien yang berjerawat kronis, dengan terapi memberikan jamur tiram setiap hari selama 21 hari, hasilnya 73,5 % kondisinya membaik dan 18,2 % sembuh total. Jamur ini juga sangat bagus di konsumsi karena memiliki kandungan protein 2 x lipat lebih baik dari protein asparagus, kubis dan kentang serta 4 x lipat dari kandungan protein pada wortel dan tomat. Jamur tiram putih juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes mellitus karena 72 % kandungan dari lemak pada jamur adalah asam lemak tak jenuh. (Dikutip dari berbagai sumber)

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s